News

Tips tetap bugar dan sehat untuk lansia
TIPS TETAP BUGAR DAN SEHAT UNTUK LANSIA

Indo-manpower.com, Jakarta – kebanyakan dari kita memahami bahwa semakin berumur seseorang, maka kemampuan fungsi tubuh semakin berkurang. Apalagi ketika seseorang sudah memasuki usia lansia (60 tahun ke atas), maka mau tidak mau kita harus menyesuaikan pola hidup dengan kebutuhan tubuh terutama yang akan kita bahas yaitu Lansia. 

Pada usia lansia, perubahan akan sangat terasa dari segi fisik maupun kesehatan mental. Dengan menyesuaikan pola hidup tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan Lansia agar tetap bugar dan bertahan hidup lebih lama.

Di bawah ini kami rangkum Tips tetap bugar dan sehat untuk Lansia.

1. Periksa kesehatan atau “check-up” secara berkala

Saat memasuki Usia lansia, lebih baik melakukan pemeriksaan rutin karena umumnya lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Juga agar kita bisa memonitor kesehatan tubuh lansia, apakah ada penyakit bawaan atau tidak sehingga pola hidup juga akan disesuaikan.

2. Bermain Game untuk menjaga kemampuan kognitif lansia

Kemampuan otak dan daya ingat di usia lansia akan berkurang dan tentunya fungsi kognitifnya akan semakin menurun bila dibiarkan saja. Cara yang paling baik adalah dengan mengisi kegiatan yang mengharuskan lansia berfikir sehingga kesehatan kognitifnya terjaga. Misalnya dengan bermain Teka-teki silang, Puzzle.

3. Pastikan waktu istirahat lansia cukup

Mengalami tidur atau istirahat yang kurang berkualitas biasanya paling sering di alami oleh lansia. Penyebabnya bisa berbagai faktor, mulai dari kesehatan mental ataupun kenyamanan di ruang tidur. Tips yang bisa dilakukan adalah atur kamar dan bed sedemikian rupa atau dibuat senyaman mungkin bagi lansia, bisa dengan mengatur suhu, menggunakan wangi aroma terapi, atau sedikit memberikan sentuhan interior khusus.

Atau bisa juga dengan sering ajak lansia mengobrol, karena bisa jadi gangguan tidur terjadi akibat rasa kesepian.

4. Pilih Asupan makanan dan minuman yang sehat

Tips tetap bugar dan sehat untuk lansia selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menyesuakan pola makan dan minum yang sehat dan tentunya sesuai anjuran dokter atau ahli kesehatan.  Sebenarnya pola makan yang sehat lebih baik dilakukan sejak dini sebelum memasuki usia lansia, karena pada dasarnya dengan pola makan yang lebih sehat artinya mengurangi beban tubuh untuk menerima racun dari makanan yang kurang sehat setiap hari.

Contoh Pola makan yang di rekomendasikan untuk lansia adalah dengan mengonsumsi makanan yang tingkat lemak jenuhnya rendah dan ikan yang mengandung Omega 3 tinggi. Susu yang rendah lemak dan serat dari buah-buahan dan Sayuran.

Tentu sebenarnya dalam mengatur pola makan lansia harus dibimbing oleh ahli kesehatan atau gizi agar tidak salah dalam memilih makanan, misalkan lansia yang mempunyai penyakit bawaan tertentu harus diberikan perlakukan khusus termasuk pola makan dan diet.

5. Lansia harus tetap aktif

Dengan diam dirumah saja, tentu tidak bagus bagi kesehatan fisik maupun mental lansia. Metabolisme tubuh perlu bekerja dan mental juga perlu fresh. Dengan melakukan aktifitas yang menyehatkan seperti jalan-jalan atau berenang misalnya, disamping baik untuk metabolisme juga baik untuk mental sehingga mengurangi stres dan fikiran-fikiran negatif sehingga menurunkan resiko terkena penyakit yang serius.

Itulah beberapa tips tetap bugar dan sehat untuk lansia yang bisa diterapkan mulai dari sekarang. Tentunya hal-hal diatas akan lebih baik dan maksimal lagi jika di support dengan multivitamin dan suplemen yang tentunya baik untuk lansia.