News

Rekomendasi negara tujuan untuk bekerja di luar negeri
REKOMENDASI NEGARA TUJUAN UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI

Negara tujuan untuk  Bekerja di luar negeri - memang terdengar menggiurkan sekaligus menantang. Selain  memang merasakan pengalaman yang berbeda, juga bisa melihat perbedaan budaya dan cara hidup orang di negara lain yang tentunya menarik.

Namun ternyata ada  banyak alasan lain yang menjadi  faktor orang-orang memilih untuk bekerja di luar negeri, misalnya pendapatan yang lebih besar,  bisa sekalian travelling, ataupun hanya sekedar mencari pengalaman dan tantangan baru. 

Banyak orang-orang  yang terbilang sukses dengan bekerja di luar negeri, dengan skill yang tersalurkan dan juga di bayar dengan jumlah Income yang baik maka siapapun ingin bekerja di tempat seperti itu. 

Namun untuk bekerja di luar negeri  sesederhana itu, adalah beberapa point penting yang perlu kita pahami juga. Misalnya dengan adanya perbedaan budaya, gaya hidup, dan bahasa tentu akan menjadi tantangan buat kita. Artinya kita harus benar-benar menyesuaikan, termasuk cara kita kerja. Next, jenis pekerjaan yang mungkin kita bisa dapatkan di luar negeri sangat bergantung dengan skill yang kita punya.

Jika misalkan memang kamu sudah memahami konsekuensi, plus minus bekerja di luar negeri dan memutuskan untuk mencobanya, kamu harus menentukan negara mana yang ingin kamu tuju untuk bekerja.  

Nah, silahkan simak Ulasan berikut tentang Rekomendasi negara tujuan untuk bekerja di Luar negeri.

 

• Finlandia

Salah satu negara skandinavia ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu bisa bekerja di sana, mengapa tidak? Negara yang di kenal sebagai negara paling bahagia ini punya kebijakan untuk para pekerja hanya 5 jam 1 hari saja, luar biasa bukan.

Income yang di dapat pun cukup besar yaitu sekitar 34 juta perbulan untuk pekerja biasa. Jika kamu punya skill khusus yang di butuhkan kamu pasti dapat income lebih besar lagi.

 

• Korea Selatan

Selain di kenal dengan industri K-POP nya yang kini mendunia, dari segi ekonomi juga dan teknologi juga kini Korea Selatan mendapt julukan macan asia. Industri pariwisata korea begitu pesat ditambah dengan fenomena K-POP membuat orang tidak hanya tertarik untuk berkunjung tetapi juga banyak kini bekerja di sana.

Gaji standar minimal di Korea saat ini adalah sekitar 2,4 juta Won atau sekitar 31 jutaan perbulan. Dengan biaya hidup yang tidak terlalu mahal di banding negara lain, maka Korea bisa menjadi referensi kamu untuk memilih tujuan bekerja ke luar negeri. Di tambah jika kamu penggemar K-POP atau Mukbang korea, ini adalah pilihan terbaik.

 

• Inggris

Selanjutnya adalah negara inggris, yang memang menjadi impian banyak orang untuk bekerja atau menempuh pendidikan. Bagaimana tidak, negara ini termasuk jajaran negara maju dengan ekonomi yang baik dan stabil.

Penghasilan minimal jika kamu bekerja di Inggris adalah sekitar 23 juta perbulan, hanya saja memang untuk biaya hidup di inggris tergolong tinggi. Artinya kamu harus pintar mengatur uang dana menabung  jadi jangan terlalu banyak shopping atau nongkrong di PUB hehe.

 

• Hongkong

Negara Hongkong memang sudah sejak lama menjadi tujuan Favorit atau umum bagi tenaga kerja Indonesia selain Timur Tengah.

Jika Kamu ke Hongkong, ada banyak orang Indonesia yang bekerja di sana yang menekuni berbagai macam profesi. Hongkong merupakan salah satu negara di Asia yang biaya hidupnya tergolong mahal seperti Singapura.

Upah rata-rata jika kamu bekerja di Hongkong  adalah Rp 19 juta sebulan, Hongkong bisa menjadi pilihan mengingat banyak TKI yang bekerja disana yang artinya warga hongkong pun sudah tidak asing dengan orang indonesia. 

 

• Singapura

Negara selanjutnya yang menjadi tujuan  untuk bekerja adalah singapura. Meski berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia, namun dari sisi ekonomi dan income warganya sangat jauh. Negara Singapura sudah biasa menerima banyak tenaga kerja dari Indonesia.

Upah yang di terima jika bekerja di Singapura rata-rata sebesar Rp 14 juta perbulan. Tapi memang perlu di ingat, biaya hidup di Singapura sangat mahal. Meski bertetangga dan banyak makanan Indonesia yang di Jual di sana namun harga di sana melambung jauh dibanding di Indonesia.

Jika kamu  bekerja di Singapura, maka cara terbaik untuk berhemat uang adalah dengan masak di rumah dari pada makan di luar.

 

• Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah Salah satu negara tujuan impian orang banyak tidak hanya untuk bekerja, sekolah bahkan untuk menjadi warga negara pun banyak orang yang rela secara ilegal masuk ke negara itu dan mengharapkan fasilitas yang sama dengan warga lain. 

 

Negara ini dikenal dengan multikulturalnya dan juga sangat mengedepankan demokrasi dan kebebasan berpendapat. Maka jika kamu berkesempatan bekerja ataupun hanya sekedar berkunjung kamu akan melihat bahwa di sana sangat “diverse” semua ras dan agama ada dan hidup bersama.

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu coba di sana dari mulai pekerjaan yang menggunakan otot seperti tukang kebun atau bantu-bantu di dapur sampai pekerjaan kantoran. Dengan fasiltas publik yang maju dan juga teknologi yang mumpuni, perihal biaya hidup bisa di buat murah atau mahal tergantung diri kita. Penghasilan minimal jika kamu bekerja di Amerika adalah Rp 7 juta perbulan.

 

Cara Agar Bisa Bekerja di Luar Negeri

Dengan teknologi Informasi dan juga activisme dunia digital telah mempermudah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari kita. Terutama dalam Koneksi dan komunikasi  semua orang di dunia jadi lebih mudah.

Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan atau mencari info pekerjaan di luar negeri cukup mudah, tidak serumit dulu-dulu. Dengan mudahnya kini mengakses informasi di internet maka berbagai  Platform online bursa kerja bisa di temukan.

Perlu di Catat bahwa jika kamu bekerja di suatu negara namun status kamu hanya sebatas bekerja artinya kamu adalah seorang Expatriat.

Yang terpenting tentunya dokumen, untuk bekerja di luar negeri secara resmi kamu harus punya ijin tinggal sementara terbitan Imigrasi negara tujuan. Intinya ya kamu harus punya Visa khusus TKI atau TKW.