Font Size

Layout

Menu Style

Cpanel

Video Learning PAP TKI Mudahkan TKI Bekerja ke Luar Negeri

BNP2TKI, Bandung, Kamis (21/12/2017), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan menerima video learning Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dibuat oleh Telkom Corporate University (Telkom CoorpU), PT.Telkom Indonesia di ruang Digital Lounge,  Telkom Corporate University Center, Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/12/2017).

Deputi SDM Telkom Coorporate Uniersity, Bambang Budianto menyampaikan bahwa salah satu tujuan Telkom Corporate Indonesia adalah bisa memberikan program yang bermanfaat yang bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. “Beberapa program sudah kami desain adalah terkait dengan E-Learning yang berguna bagi orang banyak tanpa ada batasan ruang dan waktu karena bisa diakses melalui smartphone”, papar Budianto.
 

Dengan membuat modul PAP menjadi digital video learning diharapkan bisa membantu para instruktur PAP untuk memberi pembekalan kepada TKI sekaligus agar para TKI juga bisa mengakses kembali bahan-bahan yang disampaikan pada saat PAP kapan saja dan dimana saja melalui smartphonenya.
 

Kedepannya di tahun 2018 Telkom CoorpU akan memfasilitasi pelatihan TKI dengan membuat  modul-modul pelatihan secara digital E-learning.Salah satu caranya adalah dengan memberikan sertifikasi kepada setiap TKI, kata Budianto.
 

Direktur Penyiapan dan Pembekalan Pemberangkatan BNP2TKI, Arini Rahyuwati menyatakan bahwa BNP2TKI ingin mengemas PAP dalam bentuk digitalisasi yaitu video learning. “Hal ini sangat berpengaruh terhadap pola pikir TKI dan kinerjanya selama berada dan bekerja di negara tujuan. Ini juga untuk menghindar dari hal-hal yang tidak dikehendaki, sehingga perlu adanya pembekalan akhir pemberangkatan ini”, ujar Arini.
 

Arini juga mengatakan ada 5 poin yang harus diketahui TKI yaitu pertama, masalah perundang-undangan negara tujuan; kedua, budaya negara tujuan; ketiga, bimbingan mental; keempat, masalah narkoba; dan kelima, masalah radikalisme. Dengan dibekali pengetahuan yang berkaitan dengan 5 poin tersebut, diharapkan TKI selama bekerja di luar negeri akan terhindar dari berbagai masalah.
 

Lebih lanjut Sekretaris Utama BNP2TKI, Hermono mengucapkan terimakasih kepada PT.Telkom Indonesia melalui programnya terkait Video E-Learning untuk pembekalan akhir pemberangkatan TKI ke luar negeri. 
 

“Terimakasih yang berlimpah atas dibuatnya video E-learning ini, semoga ini bisa bermanfaat bagi para CTKI dan TKI yang hendak berangkat ke luar negeri”, ungkap Hermono. 
 

Hermono juga menyembutkan bahwa, permasalahan TKI yang utama adalah adanya TKI Non prosedural dan ketidaksiapan TKI untuk bekerja di luar negeri. Sehingga, dengan adanya Undang-Undang TKI yang baru lebih fokus dan mudah bagi para CTKI dan TKI. TKI dituntut harus mandiri ketika mau bekerja di luar negeri. Untuk mendukung TKI mandiri, breaging-nya harus dengan teknologi. Hal ini juga diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mempersiapkan TKI sehingga kedepannya menjadi lebih baik dan mudah bagi TKI itu sendiri. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi para CTKI agar lebih muda mengakses kerja di luar negeri. Dengan demikian juga, para CTKI tidak terjebak dengan calo yang memberangkatkan TKI secara illegal. 
 

Hermono mengharapkan kedepannya bisa menjalin kerjasama yang baik antara BNP2TKI dan PT.Telkom Indonesia melalui program digital yang dikembangkan PT.Telkom sehingga mudah dalam memberikan materi yang menunjang bagi para TKI. 
 

Turut hadir dalam acara ini, Direktur Utama Telkom Corporate, Danang, dan seluruh jajarannya. Kepala BP3TKI Bandung Delta, Kepala BP3TKI Jakarta Mucharom Ashadi, dan beberapa perwakilan dari BNP2TKI Jakarta.***(AYG/ Aff/ MLD/Humas)

You are here: Home OUR SERVICES CONSTRUCTION INDUSTRY NEWS Video Learning PAP TKI Mudahkan TKI Bekerja ke Luar Negeri